Optimalkan Potensi Ekonomi Digital di Tanah Air, OJK: Transformasi Digital Penting Agar Bank Lebih Kompetitif

- 30 Juni 2021, 16:33 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai transformasi digital penting dilakukan agar lembaga keuangan, terutama bank, bisa menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing, yang saat ini diindikasikan dengan semakin banyaknya bermunculan bank digital.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai transformasi digital penting dilakukan agar lembaga keuangan, terutama bank, bisa menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing, yang saat ini diindikasikan dengan semakin banyaknya bermunculan bank digital. /Twitter.com/@ISED_official

WARTA LOMBOK - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai transformasi digital penting dilakukan agar lembaga keuangan, terutama bank, bisa menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing, yang saat ini diindikasikan dengan semakin banyaknya bermunculan bank digital.

Hal itu disampaikan dalam seminar daring di Jakarta, Rabu 30 Juni 2021.

"Khusus untuk sektor perbankan, transformasi digital jadi fokus kami ke depan agar menjadi lebih kompetitif, memiliki kualitas produk yang baik, layanan yang memuaskan dan coverage yang luas sehingga lebih efisien sehingga meningkatkan daya saing industri perbankan di kancah nasional, regional, dan global," ujarnya seperti dilansir wartalombok.com dari Antara, Rabu 30 Juni 2021.

Wimboh menyampaikan otoritas sedang mempersiapkan berbagai kebijakan pendukung terkait dengan bank digital serta kelengkapan berbagai infrastruktur pendukung dalam penerapannya.

Baca Juga: Lonjakan Kasus yang Sangat Tinggi, Jokowi: Pemerintah Finalisasi Kebijakan PPKM Darurat Hari ini

"Pengembangan bank digital ini akan kami monitor agar tidak memberikan dampak negatif terhadap tujuan perlindungan konsumen, peningkatan literasi dan edukasi masyarakat, serta dalam menjaga stabilitas sistem keuangan," kata Wimboh.

Menurut Wimboh, transformasi digital industri jasa keuangan diperlukan agar mampu mengoptimalkan potensi ekonomi digital di Tanah Air.

Meski demikian, masih terdapat sejumlah tantangan besar yang harus ditindaklanjuti. Pertama yaitu jangkauan konektivitas di mana saat ini belum seluruhnya terkoneksi dengan baik.

Baca Juga: Berkaitan dengan Indeks Keyakinan Konsumen, Presiden: Kunci Pemulihan Ekonomi adalah Menekan COVID-19

Halaman:

Editor: M. Syahrul Utama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x