10 Tips Pelaku UMKM Guna Mencapai Kesuksesan dalam Usaha

- 21 Juli 2021, 18:31 WIB
Salah satu produk hasil UMKM Kabupaten Bogor yang ditampilkan saat pelatihan kewirausahaan di Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 2 Juni 2021.
Salah satu produk hasil UMKM Kabupaten Bogor yang ditampilkan saat pelatihan kewirausahaan di Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 2 Juni 2021. /ANTARA/HO-Pemkab Bogor

WARTA LOMBOK - Bagi sebagian masyarakat Tanah Air, istilah UMKM mungkin masih asing di telinga karena kurangnya pemahaman terkait salah satu pondasi negara dari sektor ekonomi tersebut.

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif.

Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 mengenai keberlangsungan serta cara membangun UMKM yang diharapkan akan menjadi sumbu perekonomian nasional.

Baca Juga: Tri Rismaharini Terjun Langsung Ke Rumah Warga Pastikan Penyaluran Bansos Untuk KPM

Terkait tentang cara membangun usaha, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pelaku usaha supaya nantinya mampu menghasilkan UMKM yang handal.

Perkembangan UMKM terus mengalami perkembangan, namun tak sedikit yang harus gulung tikar karena kurangnya kemampuan manajemen dari pelaku usaha.

Namun dengan pengelolaan serta perencanaan yang baik, dan didukung ketekunan tentu akan berhasil pada akhirnya.

Ada sepuluh tips yang bisa dilakukan pelaku UMKM untuk mencapai kesuksesan dalam memulai usaha, diantaranya:

1. Fokus dalam satu bidang

Untuk usaha kecil dan menengah, yang terbaik adalah fokus pada salah satu bidang atau salah satu jenis usaha yang spesifik.

Halaman:

Editor: Herry Iswandi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x