[Bagian 2] Perjalanan Kopi Merdeka Sembalun, Kang Ayi: Saya Kembalikan Bibit Kopi Sembalun

- 28 Agustus 2021, 07:45 WIB
Kebon Kupi Sembalun dan Pertemuan dengan master trainer kopi Kang Ayi sutedja
Kebon Kupi Sembalun dan Pertemuan dengan master trainer kopi Kang Ayi sutedja /Facebook.com/Kholid Karyadi

WARTA LOMBOK - Setelah memulai pembibitan kopi di akhir Desember 2017 dilokasi rumah papuk kalni/ Coffe Jo, alhamdulillah kami berhasil membibitkan sekitar 5 kilo biji kopi (termasuk bibit dari bang Willie Sembiring atau total sekitar 12.000 bibit kopi), pembibitan sangat berhasil, bibit tumbuh dengan baik dan ibu-ibu petani memasukkan bibit kedalam polibag hingga pekarangan rumah papuk kalni/ @coffejo dipenuhi bibit kopi arabica.

Bersama petani kami melalukan penanaman kopi mulai ahir 2018 sampe dengan januari 2019, dikarenakan terjadinya gempa yg melanda Lombok khususnya Sembalun sebagai terdampak sangat parah, banyak petani yang mengurungkan niatnya menanam kopi karena kesulitan modal kerja dan sedang fokus memperbaiki rumah yang rusak parah, namun alhamdulillah sekitar 7.000 pohon kopi bisa kami tanam dengan lokasi yang menyebar dilokasi perbukitan sembalun bumbung (khususnya Dusun Jorong).

Sesuai janji saya dalam tulisan Pejalanan Kopi (1), saya akan bercerita tetang kang Ayi Sutedja. Masyarakat umum mungkin banyak tidak mengenal sosok santun bersahaja kang Ayi Sutedja, tapi dalam Dunia Kopi Indonesia nama beliau seperti selebriti papan atas, tak ada pegiat kopi nasional yang tidak mengenal beliau, berkat kerja keras dan dedikasi beliau, kopi Gunung Puntang memenangi kontes Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo di Atlanta pada April 2016 (walaupun menurut penuturan beliau, menggeluti kopi adalah sebuah kecelakaan).

Baca Juga: [Bagian 1] Perjalanan Kopi Merdeka Sembalun, dari Tradisi Sasak dengan Bertamu dan Ngopi Berkali-Kali

Baca Juga: Kembali ke Manchester United, Ronaldo Tulis Pesan Mengharukan untuk Juventus

Pertemuan saya dengan kang Ayi Sutedja adalah pertemuan yang tak sengaja, ketika GIZ dan Scopi Indonesia mengadakan pelatihan untuk petani kopi di Kecamatan Sembalun kebetulan adek saya Lalu Zaki dan Rizkan Fikri ikut sebagai peserta, bercerita kalo ada pelatihan kopi di Sembaun dan trainernya adalah kang Ayi Sutedja.

Saya langsung meluncur ke Sembalun untuk bisa bertemu dengan beliau walaupun di luar jam pelatihan, alhamdulillah sore harinya saya bisa bertemu beliau dan ternyata malam itu harus balik ke mataram karena besok paginya beliau harus balik ke Bandung dan saya meminta khusus kepada beliau untuk bisa mengantar beliau ke Mataram walaupun panitia sudah menyiapkan transport untuk beliau (ini momen langka, kapan lagi saya bisa mengobrol langsung dengan beliau selama 3 jam perjalanan dari sembalun ke Mataram).

Alhamdulillah, sejak pertemuan pertama dengan kang Ayi setiap kali saya mendengar beliau ke Sembalun saya selalu berusaha untuk menemui beliau. Sebagai pemula yang tidak mengerti apa-apa tentang kopi bila bertemu beliau saya seperti mendapat energi baru dalam menggiati dunia kopi dan alhamdulillah beberapa kali materi pelatihan disampaikan di Kebon Kupi Sembalun.

Baca Juga: Beredar Foto Hot Gopi dan Ahem yang Bikin Penggemar Histeris, Gia Manek dan Mohammad Nazim Terlihat Bahagia

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Facebook @Kholid Karyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x