Erdogan Mengklaim Utsmaniyah adalah yang Pertama Mencapai Bulan

- 15 September 2021, 19:07 WIB
Recep Tayyip Erdogan dan ukiran abad ke-17 yang menggambarkan salah satu penerbangan roket Lagari Hasan Celebi tahun 1633.
Recep Tayyip Erdogan dan ukiran abad ke-17 yang menggambarkan salah satu penerbangan roket Lagari Hasan Celebi tahun 1633. /worldnewsdailyreport.com

WARTA LOMBOK - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Utsmaniyah adalah yang pertama berjalan di permukaan bulan, bukan Neil Armstrong.

Erdogan mengklaim bahwa penjelajah Muslim mencapai Bulan lebih dari 300 tahun sebelum dimulainya program Apollo.

Ia mengatakan bahwa penjelajah Muslim lah yang pertama kali mencapai bulan tepatnya 334 tahun sebelum Neil Armstrong yang diduga sebagai orang pertama yang berjalan di Bulan pada tahun 1969.

Baca Juga: Bintang Porno ini Percaya Air Mani Mampu Menangkal Penyebaran Covid-19, Bahkan Lebih Baik dari Masker

"Diduga orang pertama yang berjalan di bulan adalah Neil Armstrong pada 1969Faktanya, penjelajah ruang angkasa Muslim mencapai satelit kami 334 tahun sebelum itu, pada tahun 1635," kata Erdogan.

Ia mendasarkan keyakinannya dari perjalanan seorang penerbang bernama Lagari Hasan Elebi yang berhasil menginjakkan kaki di bulan pada tahun 1633 silam.

"Semua orang tahu kisah penerbang terkenal, Lagari Hasan Elebi, “Manusia Roket Utsmaniyah”, yang membuat penerbangan roket berawak pertama yang berhasil pada tahun 1633," tambahnya.

Kisah Lagari Hasan elebi diakui oleh seorang pedagang dan pengelana Arab abad ke-17 yang terkenal, Mehmed Zilli, juga dikenal sebagai Evliya elebi.

Dalam catatan perjalanannya yang terkenal, ia menjelaskan bahwa Lagari Hasan Elebi diluncurkan dengan roket bersayap 7 menggunakan 50 okka (63,5 kg) bubuk mesiu. Pesawat lepas landas dari Sarayburnu, sebuah situs di bawah Istana Topkapi di Istanbul.

Dikabarkan, roket itu naik lebih dari 200 meter di udara dan mendarat di laut, ratusan meter dari titik lepas landasnya.

Halaman:

Editor: Herry Iswandi

Sumber: World News Daily Report


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X