10 Pondok Pesantren Tertua di Indonesia, Rata-rata Berusia Ratusan Tahun

- 9 September 2021, 16:20 WIB
Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen Jawa Tengah merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia berusia lebih dari 500 tahun.
Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen Jawa Tengah merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia berusia lebih dari 500 tahun. /Instagram/@alkahfisomalangu

WARTA LOMBOK - Pondok pesantren (Ponpes) merupakan sebuah pendidikan tradisional dimana para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang dikenal dengan sebutan kiai dan memiliki asrama untuk tempat menginap santri.

Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari bahasa Arab yakni 'Funduq' yang berarti asrama atau hotel.

Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan istilah dayah atau rangkang, sedangkan di Minangkabau disebut surau.

Baca Juga: Ini Hukum Jika Seorang Istri 'Minta' Hubungan Badan Lebih Dulu, Pahalanya Tak Terkira

Baca Juga: Hukum Ejakulasi di Luar Rahim untuk Menghindari Kehamilan Menurut Sejumlah Ulama

Pondok pesantren (Ponpes) di Indonesia memiliki peran yang sangat besar, baik bagi kemajuan Islam itu sendiri maupun bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Berdasarkan catatan yang ada, terdapat 10 pondok pesantren tertua di Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 1596.

1. Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan salah satu pondok pesantren yang sudah berusia 234 tahun.

2. Ponpes Qomarudin yang berada di daerah Gresik dimana Ponpes ini sudah berdiri selama 246 tahun.

3. Ponpes Miftahul Huda (PPMH), salah satu pondok pesantren yang terletak di kabupaten Malang yang saat ini berusia 253 tahun.

Halaman:

Editor: Herry Iswandi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X