Sejarah Singkat Penetapan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional, Simak Ulasan Berikut!

- 1 Mei 2024, 15:06 WIB
Ilustrasi ucapan selamat Hari Buruh Internasional
Ilustrasi ucapan selamat Hari Buruh Internasional /Pixabay.com/arttursilvaa

WARTA LOMBOK - Hari ini, seluruh masyarakat dunia terkhusus warga negara Indonesia tengah memperingati Hari Buruh Internasional, yang jatuh pada Rabu, 1 Mei 2024.

Hari Buruh ini dikenal dengan sebutan "May Day" yang merupakan sebuah perayaan tahunan, yang dijadikan sebuah momen dalam rangka merayakan sekaligus memperingati keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh di berbagai negara.

Tanggal 1 Mei telah dijadikan sebagai sebuah simbol perjuangan kelas pekerja (buruh) di seluruh dunia. Namun, hanya sedikit yang mengetahui bagaimana sejarahnya sehingga tanggal 1 Mei ini ditetapkan sebagai Hari Buruh.

Baca Juga: Maraknya Informasi Pelaksanaan Haji Non Prosedural, Menag RI: Fatwa Ulama Saudi Anggap Ibadahnya Tidak Sah!

Dilansir Warta Lombok dari postingan akun Instagram @kemenkominfo pada Rabu, 1 Mei 2024, berikut ulasan sejarah singkat Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.

Sejarah Hari Buruh Internasional

Sejarah Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, bermula dari aksi protes yang dilakukan oleh para buruh pada abad ke-19 di Amerika Serikat. 

Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut pengurangan jam kerja. Yang semula mereka bekerja selama 16 jam sehari, melalui aksi itu mereka (para buruh) meminta agar jam kerjanya dikurangi menjadi 8 jam dalam sehari.

Baca Juga: Wakil Ketua Umum MUI Paparkan Dampak Negatif Judi Online, Rusak Psikologis hingga Sosial Masyarakat Indonesia

Kemudian pada tahun 1866, tepatnya pada tanggal 1 Mei, para pekerja (buruh) kembali melakukan aksi demo secara besar-besaran.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Instagram @kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah