WAJIB KALIAN TAU! Berikut 4 Bagian Penting Karya Tulis Sebagai Syarat Kenaikan Pangkat Guru

- 2 April 2022, 06:10 WIB
Ilustrasi pembuatan proposal
Ilustrasi pembuatan proposal /PIXABAY/janeb13

WARTA LOMBOK- Siapa sih guru di dunia yang tidak mau pangkatnya naik, kenaikan pangkat atau jabatan guru tentu sudah menjadi target atau idaman seluruh guru yang ada di dunia apalagi guru honorer yang telah lama mengabdi tentu mengidamkan kenaikan pangkat.

Guru sendiri merupakan orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya atau bisa disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa, mengajari ilmu kepada anak didiknya tanpa adanya pamrih dan mengharap balas jasa dari muridnya.

Sudah sepatutnya guru di dunia ini disejahterakan hidupnya karena dari guru banyak sekali generasi terdidik penerus yang dilahirkan oleh jasa para guru terlebih khusus di Negara Indonesia, jadi sudah sewajarnya guru itu disejahterakan hidupanya dengan cara kenaikan pangkat.

Baca Juga: Sinopsis Gopi 31 Maret 2022, Gaura Mengumpulkan Para Tetangga dan Membuat Mira Menanggung Malu

Baca Juga: Balika Vadhu 1 April 2022, AKHIRNYA! Shiv Menyelamatkan Anandhi, Palash Ditangkap dan Segera Diadili

Namun untuk bisa mendapatkan  kenaikan pangkat guru salah satunya kita harus membuat karya tulis, kali ini ada beberapa jenis karya tulis yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat guru berbeda dengan karya tulis biasa.

Jenis karya tulis ini ditentukan berdasarkan golongan pangkat, seperti halnya profesi pada umumnya guru juga memiliki jenjang kenaikan pangkat terutama untuk guru yang berstatus PNS, syarat adanya karya tulis ilmiah untuk keniakan pangkat guru ini tertuang dalam peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no 16 tahun 2009.

Syarat kenaikan pangkat ini secara spesipik tetuang dalam pasal 16 ayat 2 yang menyatakan bahwa kenaikan pangkat atau jabatan guru pertama golongan 3a sampai dengan golongan 4e wajib melakukan kegiatan PKB yang meliputi sub unsur pengembangan diri publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Secara umum atau gambaran besarnya karya tulis ilmiah yang bisa digukan untuk kenaikan pangkat guru terbagi menjadi  4 jenis, dan syarat karya tulis ilmiah yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat guru berdasarkan jenjang jabatan atau golongan juga berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Muhamad Ilham

Sumber: YouTube Belajar Era Digital


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah