Realisasi APBN 2024: Perlindungan Sosial dan THR Telah Disalurkan dengan Efektif

- 27 Maret 2024, 08:51 WIB
Ilustrasi THR.
Ilustrasi THR. /

WARTALOMBOK - Pemerintah Indonesia telah berhasil merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 dengan menitikberatkan pada perlindungan sosial dan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR). Dari total APBN sebesar 496,8 triliun rupiah, dana tersebut telah dialokasikan dengan efektif ke berbagai program perlindungan sosial dan pembayaran THR kepada berbagai pihak.

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sebuah pernyataan menyampaikan, "Realisasi APBN 2024 mencapai 496,8 triliun rupiah, yang mayoritas telah dialokasikan untuk program-program perlindungan sosial yang langsung bermanfaat bagi masyarakat."

 

Dari data realisasi APBN hingga 29 Februari 2024, sebesar 37,9 triliun rupiah telah disalurkan. Salah satu penerima manfaat utama adalah Kementerian Sosial (Kemensos), yang telah menyalurkan 12,8 triliun rupiah kepada 10 juta keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan menyediakan sembako untuk 18,7 juta kelompok penerima lainnya.

 

Selain Kemensos, Kementerian Tenaga Kerja juga telah menyumbangkan sebesar 7,6 miliar rupiah untuk bantuan iuran program jaminan kehilangan pekerjaan, yang merupakan bagian dari undang-undang cipta kerja. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga turut berperan dengan alokasi sebesar 800 miliar rupiah untuk tanggap darurat bencana dari Januari hingga Februari.

 

Pemerintah juga telah mengalokasikan dana untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi berbagai pihak, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan pensiunan. Hingga 24 Maret 2024, realisasi THR telah mencapai 13,4 triliun rupiah dari total anggaran sebesar 18 triliun rupiah untuk APBN. Namun, masih terdapat sisa anggaran sebesar 14,8 triliun rupiah yang akan direalisasikan dalam waktu mendatang, terutama untuk ASN daerah dan Tambahan Pengahsilan Guru (TPG) daerah.

 

Halaman:

Editor: Ahmad Riadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah