Tips Agar Beras di Rumah Terhindar dari Kutu

- 20 Oktober 2023, 16:38 WIB
Ilustrasi Belanja Gajian Diskon.
Ilustrasi Belanja Gajian Diskon. /Dok. Warta Lombok/Mamiq Alki

WARTA LOMBOK - Menghadapi masalah kutu pada beras adalah salah satu hal yang sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu kualitas makanan di rumah Anda. Kutu merupakan hama yang seringkali menginfestasi beras dan serealia lainnya. Mereka tidak hanya merusak beras, tetapi juga dapat menyebabkan risiko kesehatan jika beras yang terkontaminasi dikonsumsi.

Anda bisa mendapatkan beras dan beragam bahan-bahan makanan lainnya di Blibli, dan manfaatkan promo gajian agar bisa mendapat diskon. Untuk menjaga beras di rumah Anda bebas dari kutu, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Beli Beras Berkualitas

Baca Juga: BULOG Apresiasi Polda Banten Ungkap Kasus Mafia Beras, Budi Waseso: Jangan Bermain dengan Perut Rakyat

Salah satu cara terbaik untuk menghindari masalah dengan kutu adalah membeli beras berkualitas. Pastikan beras yang Anda beli telah melalui proses pemilahan dan penyaringan yang baik. Hindari membeli beras yang terlihat murah atau beras yang telah terlalu lama disimpan di toko. Produk berkualitas lebih cenderung bebas dari kutu.

2. Simpan Beras di Wadah Tertutup

Kutu biasanya masuk ke dalam beras saat beras terpapar udara. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan beras dalam wadah yang kedap udara dan tertutup rapat. Gunakan wadah plastik atau kaca yang memiliki penutup yang rapat. Pastikan juga untuk membersihkan wadah tersebut secara berkala.

3. Saring Beras Sebelum Dimasak

Sebelum Anda memasak beras, saring beras tersebut menggunakan saringan halus. Ini akan membantu Anda menghilangkan kutu dan serangga kecil lainnya yang mungkin ada di dalam beras. Anda akan terkejut melihat berapa banyak kutu yang bisa ditemukan dalam beras yang belum disaring.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sabtu, 21 Oktober 2023: Capricorn, Aquarius dan Pisces Bekerje Dengan Jujur Agar Karir Membaik

4. Hindari Menyimpan Beras Terlalu Lama

Beras yang disimpan terlalu lama rentan terhadap infestasi kutu. Cobalah untuk membeli beras dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakan beras tersebut dalam waktu yang wajar. Selain itu, pastikan untuk menyimpan beras di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x