Lapor SPT Tahunan 2024 Lebih Awal, Berikut Tips dari Mekari Klikpajak

- 23 April 2024, 09:34 WIB
Tangkapan layar aplikasi mekari klik pajak.                     Sumber : mekari klik pajak doc. Sunarno
Tangkapan layar aplikasi mekari klik pajak. Sumber : mekari klik pajak doc. Sunarno /

WARTA LOMBOK - Pembuatan laporan SPT tahunan menjadi kewajiban penting yang harus dilakukan oleh wajib pajak. Beruntung, saat ini DJP mempermudah proses lapor SPT tahunan secara online. Anda bisa melakukannya dari mana saja secara fleksibel menggunakan e-filing dan e-form.

Di tahun 2024 ini, tidak ada salahnya untuk melakukan laporan SPT tahunan lebih awal. Jika Anda masih merasa kesulitan maka ada beberapa tips yang dapat dicoba, salah satunya dengan menggunakan Mekari Klikpajak.

Bagi Anda yang ingin lapor SPT lebih awal kali ini, mari cari tahu seperti apa tips dan langkah-langkah laporan SPT tahunan! Pengertian SPT Tahunan. 

Baca Juga: Viral, Komika Arj Usir Seorang Ibu yang menyusui Bayinya dari Pertunjukan di Melbourne

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelaporan SPT tahunan, mari pahami dulu apa yang sebenarnya akan Anda laporkan. SPT merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan namun orang-orang masih biasa menyebutnya dengan SPT tahunan. Ini merupakan laporan yang menghitung pajak dari setiap wajib pajak.

Di dalam SPT tersebut ada beberapa informasi yang akan dimuat. Pertama ada laporan pajak lalu ada total penghasilan per tahun, objek pajak, harta yang dimiliki wajib pajak, serta kewajiban pajak yang belum disebutkan sebelumnya.

Pelaporan SPT ini dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. SPT Masa harus dilaporkan 20 hari setelah masa pajak selesai atau bisa dibayarkan per bulan. Lalu untuk PPh pribadi dibuat 3 bulan setelah akhir periode pajak. Kemudian PPh badan dibuat 4 bulan  setelah akhir periode pajak.

Baca Juga: Gugatan AMIN soal 'Cawe-Cawe' Jokowi di Pilpres 2024 Ditolak MK! Daniel: Dalil Pemohon Tidak Beralasan Hukum

SPT tahunan ini memiliki fungsi yang sangat penting. Laporan ini menjadi bukti sikap kooperatif wajib pajak terhadap peraturan pajak yang berlaku. Selain itu laporan ini juga menjadi bentuk pertanggungjawaban perhitungan pajak. Nantinya perhitungan tersebut akan diperiksa oleh petugas berwenang. Dari laporan ini pula akan diketahui jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Online
Pada dasarnya sistem laporan SPT tahunan online ini dibuat untuk mempermudah para wajib pajak. Jika Anda juga termasuk wajib pajak yang taat maka pelaporan SPT ini sebaiknya tidak ditunda. Berikut ada beberapa tips dan petunjuk cara pelaporan SPT yang bisa Anda ikuti.

Halaman:

Editor: SwandY

Sumber: instagram @ukmIndonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x