Sering Pakai Jasa Pinjol untuk Mengatasi Masalah Keuangan? Berikut Tips Bijak dan Pintar dalam Menggunakannya

- 4 Mei 2024, 12:39 WIB
Ilustrasi penggunaan jasa pinjaman online (pinjol)
Ilustrasi penggunaan jasa pinjaman online (pinjol) /Pixabay.com/ccfb

WARTA LOMBOK - Pinjaman online (pinjol) belakangan menjadi solusi masalah keuangan uang mudah dan cepat untuk diakses. Hanya saja, kemudahan ini tentu harus diimbangi dengan penggunaan yang bijak serta pintar agar tidak terjerat dalam masalah utang.

Pinjol seakan-akan telah menjadi kebutuhan banyak orang yang memiliki masalah dalam keuangan. Tak heran banyak yang menggunakan jasa pinjol untuk mengatasi permasalahan keuangannya tersebut.

Di satu sisi, pinjol menjadi alternatif cepat tuk mengatasi masalah keuangan. Namun, kerap terjadi masalah yang lebih besar dari penggunaan jasa pinjol. Sehingga perlu kebijaksanaan dan cara-cara pintar untuk menggunakannya.

Baca Juga: WASPADA! Berikut Daftar Aplikasi Pinjol Terbaru 2024 yang Tidak Memiliki Debt Collector atau DC Lapangan

Dikutip Warta Lombok dari Pikiran-Rakyat.com pada Sabtu, 4 Mei 2024. Berikut ini cara atau tips bijak dsn pintar dalam memakai jasa pinjol agar tidak terjerat masalah utang. 

Tips Bijak dan Pintar Memakai Pinjol

1. Pahami Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Sebelum menggunakan pinjaman online (pinjol), pastikan Anda benar-benar membutuhkan dana tersebut dan memiliki kemampuan untuk mengembalikannya. Hitung dengan cermat kemampuan cicilan Anda agar tidak memberatkan keuangan, serta jangan terlalu jumawa saat mengambil pinjaman.

2. Pilih Pinjol Resmi dan Terdaftar

Pastikan Anda menggunakan pinjol yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hindari pinjol ilegal yang menawarkan bunga tinggi dan proses penagihan yang tidak etis.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah