Mixue Mendunia! Perjalanan Inspiratif Zhang Hongchao dari Modal Kecil hingga Magnat Bisnis Terkaya China

- 13 Maret 2024, 20:46 WIB
Mixue
Mixue /Tangkap Layar Ig. MixueIndonesia

WARTA LOMBOK- Zhang Hongchao, seorang wirausahawan tangguh dan visioner, telah menorehkan namanya sebagai salah satu dari para magnat bisnis terkaya di China. Namun, kisah suksesnya yang megah ini tidaklah dimulai dari kesultanan finansial yang besar, melainkan dari keberanian, tekad, dan modal kecil yang diperolehnya dari tabungan neneknya.

Pada tahun 1997, saat masih menuntut ilmu di bangku kuliah sebagai mahasiswa semester empat, Zhang memulai perjalanan bisnisnya dengan modal yang relatif kecil, hanya sebesar 4.000 RMB atau setara dengan sekitar Rp7 Juta.

Tidak gentar menghadapi tantangan, Zhang Hongchao memutuskan untuk mengalokasikan modal yang dimilikinya untuk membuka gerai kecil yang menjajakan produk-produk minuman segar seperti es serut, es krim, dan smoothie.

Baca Juga: Pendiri Majelis Nurul Musthofa, Habib Hasan bin Jafar Assegaf, Meninggal Dunia! Akan Dikebumikan Besok

Dengan tekad yang bulat dan semangat yang berkobar, ia memanfaatkan kreativitasnya untuk mengolah modal tersebut menjadi berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk usahanya.

Lemari es, bangku, dan meja lipat adalah beberapa dari banyak barang yang dibeli oleh Zhang menggunakan modal awalnya. Namun, inovasinya tidak berhenti di situ. Zhang juga menciptakan mesin es serut dengan merangkai motor, meja putar, dan pemotong menjadi satu kesatuan yang efisien.

Dengan peralatan yang sederhana namun inovatif ini, Zhang mampu memproduksi es serut berkualitas tinggi yang menjadi salah satu produk unggulannya di awal perjalanan bisnisnya.

Meskipun awalnya hanya menawarkan tiga produk, Zhang Hongchao tidak pernah berhenti untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan dedikasi dan kerja keras, gerai kecilnya tumbuh menjadi sebuah merek yang dikenal luas di seluruh China.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah