Ragu Gunakan Minyak Makan Merah? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Dibandingkan Minyak Goreng Lain

- 17 Maret 2024, 15:30 WIB
Perbandingan antara minyak makan merah dengan minyak goreng biasa yang lain
Perbandingan antara minyak makan merah dengan minyak goreng biasa yang lain /Tangkap Layar Instagram.com/@kabarsawitindonesia

WARTA LOMBOK - Minyak makan merah merupakan salah satu kebutuhan pokok baru yang telah diresmikan oleh pemerintah, pada Kamis, 14 Maret 2024 lalu. 

Minyak makan merah ini belakangan telah menarik perhatian masyarakat untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Bahkan, minyak makan merah ini dianggap menjadi sebuah alternatif minyak goreng lantaran harganya yang murah dan diklaim sehat oleh pemerintah.

Akan tetapi, minyak makan merah atau yang juga disebut minyak sawit merah ini ternyata masih cukup diragukan oleh sebagian masyarakat. Minimnya informasi tentu menjadi landasan mengapa sebagian masyarakat masih ragu-ragu untuk menggunakan minyak makan merah sebagai alternatif.

Baca Juga: Mixue Mendunia! Perjalanan Inspiratif Zhang Hongchao dari Modal Kecil hingga Magnat Bisnis Terkaya China

Dilansir Warta Lombok dari postingan akun Instagram @pikiranrakyat pada Minggu, 17 Maret 2024. Berikut ini akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan minyak makan merah dibandingkan minyak goreng lain yang biasa digunakan oleh masyarakat. 

Pengertian Minyak Makan Merah

Sebelum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan minyak makan merah dibandingkan dengan minyak goreng yang biasanya, perlu untuk diketahui terlebih dahulu apa itu minyak makan merah.

Menurut Dr. Ir. Tungkot Sipayung, minyak makan merah (minyak sawit merah) adalah jenis minyak nabati yang berasal dari buah sawit merah (Elaeis guineensis).

Baca Juga: Terlambat Bagun dan Khawatir Tidak Dapat Makan? Berikut Resep Menu Darurat Telur Kecap yang Cocok Buat Sahur

Buah sawit merah yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Afrika, menjadikan minyak goreng satu ini menjadi berwarna merah yang khas karena kandungan karotenoid yang tinggi.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Instagram @pikiranrakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah