4 Fakta Indonesi Berpeluang Jadi China Kecil Di Masa Akan Datang, Gawat Indonesia diKuasai China

- 9 Oktober 2023, 09:38 WIB
4 Fakta Indonesi Berpeluang Jadi China Kecil Di Masa Akan Datang (foto diambil dari tangkap layar youtube Studio Langit)
4 Fakta Indonesi Berpeluang Jadi China Kecil Di Masa Akan Datang (foto diambil dari tangkap layar youtube Studio Langit) /

WARTA LOMBOK -  di masa depan Indonesia itu berpotensi menjadi Tiongkok kecil, pernyataan ini mungkin sedikit provokatif, tapi jangan salah artikan ya, bahwa Indonesia bakalan jadi satu Negara dengan Cina, tapi Indonesia akan jadi simpul kuat ekonomi politik tujuan tenaga kerja Cina.

 

Terakhir ini yang akan membuat Amerika pusing sakit kepala ingat Cina bakalan jadi patron politik Indonesia, perlahan namun pasti orang-orang Cina memegang peranan penting tidak hanya secara ekonomi.

Kalau bagian ekonomi dari dulu sejak zaman Soeharto peranakan Cina sudah menikmati kue lezat kekayaan itu, tapi ini di segmen politik pemerintahan loh, posisi China akhir-akhir ini semakin kuat, sebagaiman dikutip Warta-Lombok.com melalui kanal youtube Studio Langit pada 3 Oktober 2023.

Baca Juga: 10 Poin Pembicaraan Liga Premier, Tindakan Baik Bintang Arsenal, Mimpi Buruk VAR, Pertaruhan Man United

1. Jebakan Utang China

beberapa tahun terakhir ini Cina memang gencar ya memberikan hutang, tujuannya membangun kembali jalur sutra modern atau lebih dikenal dengan nama belt and road Initiative atau BRI China.

Sangat bermurah hati memberikan utang syarat mudah, tetapi bunga tinggi 68 negara mendapatkan manfaat dalam mega proyek BRI, ini terdapat 23 diantaranya sangat rentan gagal bayar.

Sri Lanka dan juga Pakistan telah menyerahkan pelabuhan strategisnya, Laos telah menyerahkan mayoritas kendali jaringan tenaga listrik nasionalnya, ya kalau gagal harus serahkan aset lalu Bagaimanakah dengan Indonesia.

Halaman:

Editor: Mahfuz

Sumber: Youtube Studio Langit


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x