Gelar tiket.com Multi-Stakeholder Forum Sesi Terakhir di Tahun 2023, Lombok Diplih Sebagai Destinasi Penutup

- 7 November 2023, 20:58 WIB
Seri program capacity building tiket.com di tahun 2023 mengundang 50 pelaku usaha akomodasi
Seri program capacity building tiket.com di tahun 2023 mengundang 50 pelaku usaha akomodasi /Dok. Warta Lombok/Mamiq Alki

WARTA LOMBOK - Kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya penyelenggaraan event di Lombok, seperti MotoGP Mandalika. MotoGP telah memberikan nilai tambah ekonomi terhadap UMKM di Lombok sebesar Rp4,5 triliun.

Selain itu, penguatan dan peningkatan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) juga menjadi salah satu faktor meningkatnya angka pariwisata di Lombok. Namun, meningkatnya angka wisatawan yang berkunjung ke Lombok hanya fokus di beberapa wilayah saja seperti Mandalika yang berada di wilayah Lombok Tengah. Berangkat dari hal tersebut, tiket.com mengadakan tiket.com Multi-Stakeholder Forum terakhir di tahun 2023 yang diadakan di wilayah Lombok Utara.

Sebagai kegiatan berseri yang telah diselenggarakan selama 3 tahun (2021-2023), Lombok Utara menjadi wilayah ke-15 tiket.com Multi-Stakeholder Forum dan menjadi daerah penutup di penghujung tahun 2023. Terlebih lagi, ini merupakan program lanjutan tiket.com bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Lombok, serta menggandeng dua instansi pemerintah lain di antaranya yakni Dinas Pariwisata Lombok Utara dan Dinas Pariwisata Lombok Barat.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Lombok Timur, Pantai Bagian Selatan Lombok Yang Harus Kalian Kunjungi

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme dan sambutan baik dari para stakeholder pemerintah kami dan juga peserta tiket.com Multi-Stakeholder Forum 2023 di Lombok. Dengan terwujudnya kolaborasi ini kami berharap ilmu dan pengalaman yang kami berikan dapat diterima dan digunakan dengan baik demi pertumbuhan pariwisata di Indonesia, terutama di kawasan Lombok.” Ucap, Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com.

Sesi capacity building tiket.com
Sesi capacity building tiket.com Dok. Warta Lombok/Mamiq Alki

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Fahman Toriki turut menyampaikan pendapatnya mengenai perkembangan pariwisata di Lombok, “Angka pertumbuhan sektor pariwisata di Lombok, khususnya Lombok Utara mengalami kenaikan yang tinggi pasca pandemi, hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya angka properti di Lombok Utara. Saat ini sudah ada 725 hotel dengan 6,952 jumlah kamar di Kabupaten Lombok Utara. Kami berharap dengan diadakannya kegiatan yang diinisiasi oleh tiket.com dapat mendukung para pelaku usaha wisata untuk megembangkan usahanya dan dan memberikan dampak positif.”

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Lombok Utara, Dinas Pariwisata Lombok Barat dan Politeknik Lombok, forum ini mengundang 50 pelaku usaha wisata dari sektor pengelola properti akomodasi area Lombok Utara dan Lombok Barat. Saat ini terdapat lebih dari 1.200 mitra akomodasi, baik hotel maupun non-hotel di wilayah Lombok.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x