Sade Kekayaan Budaya yang tersembunyi di Lombok

- 28 April 2024, 10:55 WIB
Desa Sade, Lombok
Desa Sade, Lombok /

WARTALOMBOK - Pulau Lombok, yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyimpan beragam kekayaan budaya yang menakjubkan. Di balik gemerlapnya pantai-pantai eksotisnya, terdapat desa-desa tradisional dan tempat-tempat bersejarah yang menawarkan pengalaman unik kepada para pengunjung.

Mari kita menjelajahi beberapa destinasi tersembunyi di Pulau Lombok yang memperkaya pengalaman wisatawan dengan kebudayaan dan keindahan alamnya, di lansir dari berbagai sumber.

Salah satu destinasi yang patut dikunjungi adalah Desa Sasak Sade. Terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut, desa ini mempertahankan adat-istiadat suku Sasak secara autentik. Rumah-rumah tradisional yang terbuat dari ijuk dan bambu menampilkan arsitektur khas Sasak, sementara budaya tenun yang masih dijaga dengan baik menambah daya tarik desa ini.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan rumah-rumah tradisional dan dapat belajar tentang kehidupan masyarakat Sasak yang masih menjaga tradisi mereka.

Selanjutnya, Destinasi tersembunyi lainnya adalah Desa Sade. Desa yang terletak di daerah Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki daya tarik yang sama dengan Desa Sasak Sade.

Pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana masyarakat Sasak menjaga warisan budaya mereka melalui rumah-rumah tradisional dan kerajinan tangan yang dibuat secara tradisional. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan belajar tentang kehidupan sehari-hari mereka.

Selain desa-desa tradisional, Pulau Lombok juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti Air Terjun Tiu Kelep. Terletak di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, air terjun ini menawarkan pengalaman mendebarkan bagi para pengunjung yang mencari petualangan alam. Dikelilingi oleh hutan yang rimbun, suara gemericik air yang jatuh memberikan ketenangan tersendiri bagi siapa pun yang mengunjunginya. Air Terjun Tiu Kelep juga memiliki nilai historis dan mitologis yang penting bagi masyarakat setempat, menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, Pulau Lombok juga dikenal dengan keindahan Pantai Mawun. Pantai yang terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan gradasi air laut yang indah. Dikelilingi oleh perbukitan hijau, Pantai Mawun adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang belum terjamah. Keindahan alam pantai ini mampu mengundang wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung dan menikmati pesonanya.

Dengan begitu banyaknya destinasi tersembunyi yang menawarkan kekayaan budaya dan alam, Pulau Lombok merupakan surga bagi para wisatawan yang mencari pengalaman yang unik dan berharga. Dari desa-desa tradisional yang mempertahankan adat istiadatnya hingga keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok memiliki segalanya untuk memikat hati para pengunjung dan meninggalkan kenangan tak terlupakan.***

Editor: Ahmad Riadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah