Nilai Tukar Petani Turun Harga Gabahpun Merosot

- 2 April 2024, 17:30 WIB
Beberapa petani padi di Vietnam tengah telah mulai bekerja pada malam hari untuk menghindari suhu tinggi
Beberapa petani padi di Vietnam tengah telah mulai bekerja pada malam hari untuk menghindari suhu tinggi /
WARTALOMBOK - Menyikapi perkembangan ekonomi pertanian, Pelaksana Tugas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia A. Widyasari, pada Senin, 1 Maret 2024, menyampaikan bahwa nilai tukar petani (NTP) dan nilai tukar usaha petani (NTUP) mengalami penurunan pada bulan Maret 2024.
 
 
Menurut Amalia, NTP pada bulan tersebut tercatat sebesar 119,39, turun 1,31% dibandingkan bulan Februari 2024. Penurunan NTP disebabkan oleh turunnya indeks harga yang diterima petani sebesar 0,46%, sementara indeks harga yang dibayar petani mengalami kenaikan sebesar 0,86%.

 

"Penurunan NTP terjadi karena adanya penurunan indeks harga yang diterima petani, terutama pada komoditas gabah jagung dan cabai merah. Namun, terdapat peningkatan yang signifikan pada NTP subsektor tanaman perkebunan rakyat yang naik sebesar 2,87%," ungkap Amalia, Senin 1 April 2024

 

Selanjutnya, NTUP pada bulan Maret 2024 tercatat sebesar 122,55, mengalami penurunan sebesar 0,62% dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan NTUP disebabkan oleh turunnya indeks harga yang diterima petani sebesar 0,46%, sementara indeks biaya produksi dan penambahan barang modal mengalami kenaikan sebesar 0,16%.

 

Peningkatan NTUP tertinggi terjadi pada subsektor tanaman perkebunan rakyat yang naik sebesar 3,69%.

 

"Kami mencatat bahwa terjadi penurunan NTUP terdalam pada subsektor tanaman pangan yang turun 4,33%, disebabkan oleh penurunan indeks harga yang diterima petani, meskipun indeks biaya produksi mengalami kenaikan," tambah Amalia.

 

Sementara itu, indeks harga yang diterima petani (IT) mengalami kenaikan signifikan pada subsektor tanaman perkebunan rakyat, naik sebesar 3,83%. Di sisi lain, indeks harga yang dibayar petani (IB) juga mengalami kenaikan sebesar 0,93%, khususnya pada subsektor tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Riadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x