Bitcoin Menembus Harga Rp710 Juta, Muncul Narasi Sebagai Saingan Dollar dan Menjadi ‘Emas Digital’ Kedepannya

- 18 Februari 2021, 07:24 WIB
Ilustrasi bitcoin dan dolar
Ilustrasi bitcoin dan dolar /Pixabay/tombark

WARTA LOMBOK - Bitcoin melonjak di atas $50.000 atau Rp702 juta pada hari Selasa 16 Februari 2021 ke level tertinggi sepanjang masa ini, menambah semangat untuk komunitas reli yang dipicu oleh tanda-tanda bahwa cryptocurrency terbesar di dunia mulai diterima di antara investor dan perusahaan arus utama.

Bitcoin mencapai rekor $50.602 atau Rp. 710 juta, dan terakhir naik 2,7% pada $49.100.

Ini telah meningkat sekitar 70% sepanjang tahun ini, dengan sebagian besar keuntungan datang setelah produsen mobil listrik Tesla mengatakan telah membeli $ 1,5 miliar dalam bentuk bitcoin.

Baca Juga: Komunitas Reli Bitcoin Tergelincir Di Bawah Rp696,5 juta, Investor Mengambil Keungtungannya

Langkah Tesla, yang juga mengatakan akan menerima bitcoin sebagai pembayaran, adalah yang terbaru dari serangkaian investasi besar yang telah mengubah bitcoin dari pinggiran keuangan ke neraca perusahaan dan Wall Street, dengan perusahaan AS dan pengelola uang tradisional mulai beli koinnya.

Pergerakan arus utama seperti itu, kata beberapa investor, dapat membantu bitcoin menjadi alat pembayaran yang luas, sesuatu yang sejauh ini gagal dicapai dalam skala besar -dan pada gilirannya semakin meningkatkan harga.

“Semakin banyak orang yang mengadaptasinya dan menggunakannya sebagai uang, maka semakin besar kemungkinannya untuk dianggap sebagai mata uang utama,” kata Russ Mold, direktur investasi AJ Bell. Seperti dilansir Warta Lombok dari Reuters.

"Itu juga akan menambah minat spekulatif," Tambahnya.

Lonjakan investor ritel dan institusional pada tahun 2021 terjadi di atas kenaikan 300% tahun lalu, karena investor mencari aset berimbal hasil tinggi dan alternatif dolar di tengah suku bunga terendah atau bahkan suku bunga negatif di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x