Perekonomian Indonesia Menguat, Jokowi: Indonesia Berada di Puncak Kepemimpinan Global

- 18 Agustus 2022, 14:50 WIB
Presiden Jokowi minta sekolah tatap muka dilakukan 2 kali dalam seminggu.
Presiden Jokowi minta sekolah tatap muka dilakukan 2 kali dalam seminggu. /Instagram.com/@jokowi

WARTA LOMBOK – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan ekonomi Indonesia cukup kuat untuk menghadapi tantangan global.

Dalam pidato tahunannya di hadapan parlemen, ia menilai Indonesia berada di puncak kepemimpinan interasional mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya dalam aspek ekonomi.

Pemimpin Indonesia mengatakan negara berdiri di 'puncak' kepemimpinan internasional setelah memenangkan kepresidenan G20.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Apresiasi Xi Jinping Usai Menjadikan China Raksasa Ekonomi Terbesar di Dunia

Dengan nada optimis menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77 pada 17 Agustus, Widodo mengatakan pada hari Selasa bahwa fundamental ekonomi negara tetap kuat di tengah gejolak ekonomi global dan sebagai krisis demi krisis yang menghantui dunia.

Menyikapi masalah kenaikan harga, pemimpin Indonesia itu mengatakan inflasi telah mencapai 4,9 persen pada Juli, dibandingkan dengan 7 persen di seluruh Asia Tenggara dan 9 persen di negara-negara maju.

Jokowi mengatakan negara Asia Tenggara juga telah melihat statusnya tumbuh di panggung internasional sebagai hasil dari kepresidenan G20 yang sedang berlangsung dan kepemimpinan ASEAN tahun depan.

“Ini menunjukkan bahwa kita (berada di) puncak kepemimpinan global,” kata Jokowi sebagaimana dikutip wartalombok.com dari laman resmi Al Jazeera.

Baca Juga: Menko Airlangga Mengatakan Digitalisasi Akan Menjadi Kendaraan Menuju Ekonomi Baru

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x