Kukuhkan Kerjasama Halal: Menkeu Sri Mulyani dan Pejabat Malaysia Bahas Industri Makanan dan Minuman

- 18 April 2024, 17:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkesempatan untuk bertemu dengan Second Minister of Finance Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Aziza
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkesempatan untuk bertemu dengan Second Minister of Finance Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Aziza /Doc. Menkeu / guruh/

WARTALOMBOK - Dalam serangkaian kegiatan di Washington D.C., Amerika Serikat, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Second Minister of Finance Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Azizan. Pertemuan ini, yang berlangsung pada Rabu 17 April 2024 waktu setempat, membahas upaya penguatan hubungan bilateral kedua negara.

"Hubungan antara Indonesia dan Malaysia telah terjalin erat sebagai negara tetangga. Kedua negara memiliki hubungan kekerabatan yang kuat, kerja sama ekonomi yang solid, serta kolaborasi dalam bidang kepabeanan dan cukai," ungkap Menkeu seperti yang dilansir dalam laman Instagram @smindrawati.

Datuk Seri Amir Hamzah Azizan, yang baru saja dilantik sebagai Second Minister of Finance Malaysia pada Desember 2023, menerima ucapan selamat atas jabatannya dari Menkeu.

"Kami membahas penguatan hubungan bilateral antara kedua negara, terutama di tengah tantangan geopolitik yang meningkat," tambahnya, di kutip Kemenkeu.

Menkeu juga menyoroti pentingnya pengembangan keuangan syariah dalam hubungan kedua negara.

"Indonesia banyak belajar dari Malaysia dalam pengembangan keuangan syariah. Banyak ahli keuangan syariah kami yang berasal dari Malaysia," tambahnya.

Selain itu, Menkeu menekankan pentingnya kerja sama dalam mendukung pertumbuhan industri halal.

"Saya berharap kerja sama antara kedua negara dalam halal akan semakin meningkat, terutama setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) mengenai rekognisi sertifikat halal," katanya.

Menutup pertemuan tersebut, Menkeu menegaskan dukungan Indonesia terhadap ASEAN Chairmanship 2025 yang akan diselenggarakan di Malaysia.

"Indonesia akan mendukung penuh dan berkolaborasi untuk kesuksesan ASEAN Chairmanship 2025 di Malaysia. Dengan kerja sama yang baik, ASEAN akan tetap menjadi pusat perhatian dan kawasan yang gemilang," tutupnya

Editor: Ahmad Riadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah