Menperin: Hasil Jerih Payah Pelaku Industri Kembali Meningkat, PMI Manufaktur Indonesia Capai Rekor Tertinggi

- 3 April 2021, 09:25 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita /Instgaram.com/@agusgumiwangk

WARTA LOMBOK - Industri pengolahan nonmigas di Tanah Air makin menunjukkan peningkatan menuju pemulihan ekonomi pada Kuartal I-2021 ini.

Hal ini tercermin dari capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 yang berada di level 53,2.

Angka tersebut meningkat sebesar 2,3 poin dari Februari 2021 yang sebesar 50,9. Peningkatan ini menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sejak survei ini dimulai pada April 2011.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Optimistis Desa Wisata Jadi Pandemic Winner bagi Kebangkitan Parekraf

“Ini hasil jerih payah para pelaku industri, sedangkan kami di pemerintah all out untuk support mereka. Terbukti, selama lima bulan berturut-turut, PMI Indonesia menunjukkan ekspansi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seperti dilansir wartalombok.com dari laman Setkab.go.id Jumat, 2 April 2021.

Ia menuturkan, ketika pandemi COVID-19 menghantam perekonomian Indonesia, pemerintah menggodok kebijakan dan stimulus untuk membangkitkan gairah pelaku usaha.

“Di tengah masa-masa sulit, kenaikan yang sangat signifikan ini menunjukkan bahwa rebound-nya ekonomi Indonesia akan semakin cepat,” ungkapnya.

Menperin menambahkan, di kawasan ASEAN, Indonesia memiliki performa paling baik selama lima bulan terakhir.

Diharapkan, hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021.

Halaman:

Editor: Mamiq Alki

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x