Bi Kembangkan Repo dan DNDF Percepat Pengembangan Pasar Uang

- 26 Juni 2021, 13:27 WIB
Logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta. BI Dukung pengembangan pasar uang 2025 dengan mengembangkan istrumen repurchase agreement (repo) serta Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).
Logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta. BI Dukung pengembangan pasar uang 2025 dengan mengembangkan istrumen repurchase agreement (repo) serta Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF). /ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp

WARTA LOMBOK - Bank Indonesia berfokus untuk mengembangkan instrumen repurchase agreement (repo) dan Domestic Non-Delverable Forward (DNDF) pada 2021-2022 untuk mendukung pengembangan pasar uang 2025.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia, Donny Hutabarat dalam taklimat media daring, Jumat.

“Repo ini sangat strategis, repo merupakan instrumen yang collateralized (dijaminkan) terutama kalau kolateralnya SBN, resikonyo kecil dan membentuk harganya akan lebih efisien,” kata seperti dilansir wartalombok.com dari Antara, Jumat 25 Juni 2021.

Donny mengatakan harga yang dibentuk dari repo akan sangat baik dan akan menjadi acuan Bank Indonesia di pasar uang. BI juga menilai pengembangan repo akan mendukung stabilitas keuangan. Sedangkan DNDF dipilih karena termasuk instrumen yang cukup simple dan menggunakan metode fixing.

Baca Juga: Erick: BUMN Harus Kompetitif, Bantu Negara Bangun Program Bagi Rakyat

“Saat ini DNDF sudah sangat pesat perkembangannya dan perannya dalam mendukung stabilitas juga cukup baik,” ujar Donny.

Pengembangan repo, jelas Donny, akan dilakukan dengan perluasan pelaku transaksi repo, perluasan underlying Repo, pengembangan pricing repo yang efisien, kemudian penguatan sertifikasi tresuri dan market conduct, pemanfaatan Mini GMRA Syariah, serta pengembangan Securities Lending and Borrowing.

“Kami akan kembangkan juga ke aset kelas yang lain, katakanlah obligasi korporasi yang high grade. Jadi akan secara bertahap kami kembangkan,” tutur Donny.

Baca Juga: Kementerian Perdagangan Bersama 4 Asosiasi Jasa Kreatif Menandatangani Perjanjian Kerja Sama

Halaman:

Editor: M. Syahrul Utama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x